Sabtu, 17 November 2012

Lemahnya Iman Manusia

Wah! Ternyata iman  bisa mengalami kelemahan loh!!! Apa yah sebabnya??? Mau tau baca aja lanngsung!!!

Lemahnya Iman Manusia
Iman adalah kepercayaan terhadap tuhan.Iman akan hadir di saat hati menyenangi dunia dan terhiasi keindahan harta.Tetapi iman akan hadir disaat kita menangisi  dosa yang membelenggu.Kebanyakan manusia sering melakukan perbuatan dosa dan  ketaqwaan. Karena itulah iman kita sering mengalami penurunan.
Rasulullah bersabda:
“Keimanan itu bisa bertambah atau berkurang.Maka perbarulah iman kalian dengan laailaahaillallah”. (Hr ibnu muslim)
Apakah kalian tahu? Mengapa iman manusia bisa lemah dan mengalami penurunan!!
Iman manusia lemah  dan bisa mengalami penurunan disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1.      Terjerumus kedalam kemaksiatan
Manusia bisa melakukan perbuatan yang bisa membentuk sebuah kebiasaan.Begitu juga dengan maksiat apabila dilakukan terus-menerus,bisa menjadi sebuah kebiasaan yang tidak baik dan bisa melemahkan iman manusia.

2.      Tidak tekun dan bermalasan-malasan dalam beribadah
Apabila  seorang muslim bermalasan-malasan dalam beribadah maka amal ibadahnya tidak akan diterima. Di dalam hadist dikatakan: “Tidak akan di terima doa dari hati yang lalai dan main-main”. (HR.Turmudzi)

3.      Memudarnya tali ukhuwah
Seorang muslim bagaikan satu tubuh.Dari An nu’man bin basyir ra.Rasulullah bersabda: “Orang mukmin itu lakasana satu tubuh manusia.Bila matanya sakit,maka sakitlah seluruh tubuhnya atau bila kepalanya sakit,maka sakitlah seluruh tubuhnya”. (HR.muslim) Maka dari itu alangkah baiknya ukhuwah yang terjalin tidak terputus hanya karena masalah yang menggangu.
  
4.      Terputusnya tali persaudaraan di antara dua orang yang semula bersaudara.
Apabila kita memutuskan tali pershabatan dengan sahabat atau teman dekat. Maka ukhuwah islamiyah kita terputus. Di dalam hadist dikatakan: “Tidak selayaknya dua orang yang saling mengasihi karena allah azza wa jalla,atau karena islam, keduanya di pisahkan oleh permulaan dosa yang dilakukan salah seorang di antara keduanya”. (Hr.Bukhari)

5.      Terpaut urusan duniawi dan Terlalu mencintainya.
Dunia adalah penghalang dari akhirat. Dan akhirat adalah penghalang dari tuhan pengatur dunia dan akhirat. Semua bersifat sementara dan sebuah permainan yang menjeratkan manusia.Apabila kita terlalu mencintai dunia. Maka jangan harap surga menanti.

6.      Mengeluh dan takut musibah
Mengeluh adalah perbuatan yang tidak disukai allah, dengan mengeluh berarti anda tidak mensyukuri nikmat yang telah allah limpahkan kepada hambanya. Dan bukanlah golongan hambanya apbila anda tidak mengalami cobaan dan ujiannya karena allah tidak pernah menjanjikan hidup tanpa persoalan yang allah janjikan adalah kekuatan dan jalan keluar saat menghadapi masa-masa sulit dalam hidup.

7.      Mencela yang maa’ruf dan tidak mau memperhatikan yang kebaikan-kebaikan yang kecil.

8.      Banyak berdebat dan bertikai yang mematikan
Kelakuan manusia yang banyak berdebat dan bertikai dengan egoisme dan persaingan yang tidak sehat membut hati menjadi kears dan kaku. Karena tidak tawadhu dan mengingat siapa diri kita sebenarnya? Andainya engkau mengenali dirimu,maka apa saja yang dikatakan manusia tentang dirimu, tidak memudharatkanmu sedikitpun.

Nah, itulah faktor-faktor yang menyebabkan iman seseorang mengalami kelemahan maka dari itu anda harus menjaga hati anda agar tetap senang,karena hati yang senang imanya menang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar